Setiap Cobaan dan Musibah Terjadi Atas Izin Allah

Setiap Cobaan dan Musibah Terjadi Atas Izin Allah

Kawan, setiap musibah atau cobaan yang menimpa diri kita atau negeri ini hanya bias terjadi atas perintah dan izin Allah SWT.

Tanggapilah musibah ini dengan keimanan yang kuat, yakin bahwa Allah akan memberikan petunjuk dan hikmah dibalik semua cobaan dan musibah.

Sebagaimana Firman Allah Swt :

“Tidak ada suatu musibah yang menimpa (seseorang), kecuali dengan izin Alloh; dan barang siapa beriman kepada Alloh, niscaya Alloh akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Alloh Maha Mengetahui segala sesuatu.”
(QS. At-Taghabun 64: 11)

Fenomena alam ini seperti meningginya air laut yang mengakibatkan terjadinya tsunami, meletusnya gunung dan yang lainya bukan keinginan dia tapi terjadi atas izin Allah SWT. Seyogyanya dalam menyikapi cobaan dan musibah ini, jangan hanya mutlak fenomena alam tapi ini semua terjadi atas izin Allah SWT.

Sikapi dengan penuh keimanan dan keyakinan pada Allah SWT atas terjadinya musibah ini, agar ketakwaan kita pada-Nya semakin kuat. Dengan ketakwaan pasti Allah akan menurukan kebaikan pada diri kita. Firman Allah :

“Dan dikatakan kepada orang-orang yang bertakwa: ‘Apakah yang telah diturunkan oleh Rabbmu.’ Mereka menjawab: ‘(Allah telah menurunkan) kebaikan.’ Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat (pembalasan) yang baik. Dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertakwa, (QS. An-Nahl : 30)

Dan setiap apa yang terjadi pada diri kita, entah itu ujian atau cobaan Allah turunkan pada kita sesuai dengan porsi kemapuan kita. Dan pasti kita bisa menyelesaikannya, pertanyaanya adalah sampaimana kita berusaha dan sabar kita.

Allah berfirman :

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.

Harus kita ketahui juga bahwa Allah membalas setiap perbuatan baik kita dengan kebaikan juga dan mebalas dengan siksaan atas perbuatan jahat yang kita lakukan. Mari kita perbanyak muhasbah diri, kenapa Allah menurunkan musibah atau cobaan pada kita? Apakah karena kita berbuat baik atau karena kita berbuat jahat? Anda sendiri yang tahu jawabannya…

Allah berfirman :

“Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. Kami mengutusmu menjadi Rasul kepada segenap manusia. Dan cukuplah Allah menjadi saksi.” (QS. An-Nisa : 79)

Dan setiap yang yang sampai pada kita missal kemadharatan itu karena Allah SWT dan tidak ada yang dapat menghilangkanya kecuali Dia. Begitupun kebaikan jika sudah Allah kehendaki kebaikan pada kita, maka tidak ada yang dapat menolak dari karunia-Nya. Allah itu maha berkehendak. Yakini itu!…

Firman Allah SWT :

“Jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia.
Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak kurnia-Nya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Yunus : 107)

Semoga kita mampu dan bisa menyikapi semua yang terjadi sekarang ini dengan cara yang benar dan penuh kesabaran. Orang-orang bersabarlah yang memperoleh pertolongan Allah SWT, dan hanya orang-orang yang sabar yang mampu melewati setiap musibah atau cobaan dengan hati yang penuh kelapangan dan hikmah didalamnya. Agar ketakwaan selalu kuat dan melekat dalam diri ini.

Join Chanel Telegram Sabidaring (Saung Bisnis dalam Jaringan)

>> Klik Disini <<

Tinggalkan Komentar Anda

Email Anda tidak bisa di publikasi Required fields are marked *